Pijat Bayi


Diterjemahkan bebas dari: Baby Massage

gambar diambil dari SINI

Pijat bayi merupakan cara yang menyenangkan untuk mengekspresikan kasih sayang kepada bayi Anda. Pijat bayi dapat menenangkan bayi Anda dan membantunya untuk tidur lebih pulas. Anda dan pasangan juga pasti akan merasa rileks dan senang.

Apakah pijat bayi itu?

Pijat bayi adalah sentuhan dan remasan lembut dengan ritme tertentu pada tubuh bayi dengan menggunakan tangan Anda. Sebagai bagian dari kegiatan rutin, dengan melakukan pijat bayi Anda bisa menstimulasi tungkai, pergelangan tangan, dan jari-jari bayi. Sentuhan lembut tangan Anda akan merangsang produksi hormon oksitosin dalam  diri Anda, bayi Anda, dan juga pasangan Anda apabila ia menyaksikan kegiatan pijat bayi ini. Oksitosin adalah hormon yang menimbulkan perasaan hangat dan perasaan cinta saat Anda menggendong bayi atau menyusuinya.

Apa manfaat pijat bayi?

Pijat bayi memiliki banyak manfaat tidak hanya bagi bayi, namun juga untuk Anda dan pasangan Anda. Pijat bayi sangat bagus untuk bayi prematur, membantu mereka bertahan hidup, tumbuh, dan berkembang. Pijat bayi juga bermanfaat untuk bayi yang lahir cukup bulan. Manfaat pijat bayi antara lain:

  • memperkuat ikatan batin (attachment) antara bayi dan Anda
  • membuat bayi tetap rileks dan tidak mudah rewel
  • bayi akan lebih jarang menangis
  • bayi bisa tidur lebih pulas

Ada pula teori yang mengatakan bahwa sentuhan dan kontak kulit bisa membantu merangsang dan menstimulasi perkembangan otak bayi.

Dengan memijat bayi, Anda juga akan merasakan perubahan mood yang positif dan membuat Anda merasa lebih memiliki kemampuan menjadi orangtua. Waktu yang Anda luangkan untuk melakukan pijat bayi merupakan saat-saat istimewa Anda bersama Si Kecil.

Saat Anda memijat bayi, Anda pasti akan berbicara dan melakukan kontak mata dengannya. Ini adalah salah satu manfaat pijat bayi yang bisa membantu ibu yang mengalami depresi pasca melahirkan (postnatal depression).

Pijat bayi juga bagus untuk para Ayah. Umumnya seorang ayah jarang menghabiskan waktu dengan anaknya, terutama bila mereka bekerja di kantor dan Si Kecil ASI Eksklusif. Kegiatan pijat bayi yang dilakukan rutin oleh Ayah pada saat sebelum tidur malam bisa mendekatkan hubungan Ayah dan bayinya.

Kapan saat yang tepat untuk pijat bayi?

Pilihlah waktu memijat di antara waktu menyusuinya, supaya ia tidak berada dalam kondisi yang terlalu lapar atau terlalu kenyang. Bisa juga dilakukan saat sebelum ia tidur siang. Saat yang tepat untuk memijat bayi adalah ketika ia bangun tapi tenang (tidak rewel). Mungkin Anda akan bingung menentukan kapan saat yang tepat terutama bila bayi Anda sering tidur dan selalu menyusu. Lama-lama Anda akan bisa menentukan kapan saat yang paling tepat untuk memijat Si Kecil. Anda bisa menjadikannya kegiatan rutin sebelum tidur, misalnya sesudah seka sebelum menyusui (sebelum tidur malam). Pijatan sebelum tidur akan membantu menenangkan bayi setelah menerima banyak stimulasi di siang hari dari lingkungan sekitarnya dan siap untuk tidur pulas.

Apa saja yang dibutuhkan sebelum mulai melakukan pijat bayi?

Pastikan ruangan dalam kondisi hangat dan tenang. Baringkan bayi di atas sehelai handuk atau kain lembut, bisa juga dialasi dengan alas ganti popok (perlak) di bawahnya. Pakaian bayi boleh dipakai supaya bayi tetap merasa hangat apabila udaranya agak dingin. Atau bisa juga Anda membuka pakaiannya seluruhnya dan sesekali biarkan bayi menikmati kondisi tanpa pakaian tersebut. Karena ini merupakan saat istimewa Anda bersama Si Kecil, pastikan tidak ada gangguan di dalam ruangan. Bila Anda memiliki hewan peliharaan, untuk sementara pindahkan dulu ke ruangan lain, dan matikan ponsel Anda. Bisa juga sambil diiringi musik lembut yang rileks, jangan terlalu keras volumenya sehingga bayi bisa mendengar saat Anda berbicara padanya.  Persiapkan semua perlengkapan, antara lain:
  • minyak pijat
  • handuk atau kain katun untuk alas
  • pakaian bayi
  • peralatan ganti popok

Dengan menggunakan minyak atau krim akan mempermudah tangan Anda saat memijat bayi dan akan membuatnya menjadi rileks. Anda bisa menggunakan pelembab kulit bayi atau minyak sayur atau baby oil.

Apapun yang Anda pilih, minyak atau krim, disarankan untuk mengoleskannya sedikit dulu pada kulit bayi Anda, untuk mengetes adanya kemungkinan munculnya reaksi alergi.

Namun, ada beberapa jenis minyak atau krim yang jangan digunakan, karena bisa membuat kulit bayi mengalami iritasi, antara lain:

  • Minyak mustard (mustard oil), karena pada saat pengolahannya ada campuran biji-bijian lain
  • Minyak kacang (peanut oil), karena apabila tidak disaring secara baik, protein yang terkandung di dalamnya berpotensi menimbulkan reaksi alergi pada kulit bayi. Sangat sulit menemukan minyak kacang murni yang dijual di pasaran.
  • Krim Aqueous, karena mengandung deterjen yang bisa menimbulkan iritasi pada kulit bayi

Bila bayi Anda sedang mengalami sakit kulit seperti eczema, Anda bisa menggunakan krim obat yang sudah diresepkan oleh dokter untuk memijatnya.

Bagaimana cara melakukan pijat bayi?

Anda bisa melakukannya dalam suatu pola urutan tertentu, misalnya mulai dari kaki, lalu lengan, tangan, dan badan. Dengan adanya pola urutan memijat ini, bayi akan merasa lebih nyaman karena ia bisa mengetahui apa yang akan dipijat berikutnya. Untuk tahap awal, sebaiknya dimulai dari bagian kaki dulu agar bayi terbiasa.

Untuk mempelajari teknik pijat bayi, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter atau praktisi kesehatan. Anda juga bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Oleskan sedikit minyak atau krim di telapak tangan Anda. Hangatkan dengan cara menggosokkan kedua telapak tangan Anda.
  2. Gosokkan secara lembut ke kulit bayi Anda, dimulai dari bagian kakinya. Sebaiknya pijat bayi dimulai dari bagian kaki karena bayi sudah terbiasa dipegang kakinya saat Anda mengganti popoknya.
  3. Pijat kakinya dengan lembut, urut bagian betis dan pahanya.
  4. Untuk bagian dada dan perut, letakkan kedua tangan Anda di bagian tengah tubuhnya. Usap kedua tangan Anda dari tengah ke arah pinggir, seolah Anda tengah meratakan halaman buku.
  5. Gunakan jari tangan Anda untuk mengurut bagian dada dan perutnya dengan membuat bentuk lingkaran-lingkaran kecil. Urut dari bagian tengah ke arah luar/pinggir.
  6. Lakukan terus dan ulangi selama bayi Anda terlihat masih menikmatinya.

Hal terpenting dari melakukan pijat bayi adalah Anda harus peka terhadap sinyal yang diberikan bayi Anda. Ia akan memberitahu Anda kapan saatnya pijat diakhiri dan pijatan seperti apa yang ia sukai atau tidak sukai. Jika bayi Anda sudah mulai menangis saat dipijat, itu tandanya ia merasa sudah cukup.

– bersambung –

3 thoughts on “Pijat Bayi

  1. Pingback: Pijat Bayi « Penggila Bola dari Kranji

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s