Kegiatan Membaca Anak Usia 0 – 12 Bulan


Sumber: Buku Membangun Kecerdasan Anak 0 – 3 Tahun Melalui Membaca dan Bermain (drg. Wismiarti – dr. Retno Soendari – Neni Arriyani, S.Pd)

BAYI 0 – 1 BULAN

  1. Begitu bayi lahir ke dunia sampai dia berusia 1 bulan, ia menggunakan pendengaran untuk menjelajahi lingkungan karena penglihatannya belum maksimal berfungsi.
  2. Satu bulan pertama kehidupan bayi, ia hanya dapat melihat wajah ibunya.
  3. Bayi suka mengamati wajah ibunya. Bayi suka mengamati wajah-wajah, bentuk-bentuk dengan warna yang kontras, dan segala sesuatu yang bergerak.

gambar diambil di SINI

Dukungan Kita:

  • Berbicara dengan suara yang lembut dan penuh perhatian pada setiap kegiatan yang dilakukan bersama bayi. Misalnya pada waktu memandikan, mengganti pakaian atau popok, atau saat menyusui dan saat bermain.
  • Berbicara dengan kalimat lengkap, disertai intonasi yang teratur dan stabil.
  • Menyanyikan lagu dengan ritme yang tepat, menggunakan kata-kata yang tepat dalam kalimat yang sederhana dan bermakna.
  • Orangtua, terutama ibu, harus selalu berusaha menampilkan wajah yang menyenangkan. Guna merangsang penglihatan bayi, ibu perlu memperlihatkan pada bayi, benda dengan bermacam-macam bentuk dan warna-warna yang kontras, baik dalam kondisi diam maupun bergerak, dengan jarak yang dekat.

BAYI 1 – 3 BULAN

  1. Bayi di usia ini dapat meraih dan menggenggam benda. namun, mereka menjelajahi lingkungan melalui aktivitas melihat dan mengamati. Di usia ini, mereka juga belum dapat melakukan gerakan-gerakan motorik tubuh.
  2. Mereka menyukai segala sesuatu yang berwarna kontras dan gerakan-gerakan terputus-putus (misalnya seperti permainan “Ciluk Ba” dan tepuk tangan)

gambar diambil dari SINI

Dukungan Kita:

  • Menggantung gambar-gambar yang berwarna-warni dan menarik di tempat tidur bayi dan di tempat ganti baju (baby taffle).
  • Memilih buku yang mempunyai gambar-gambar yang besar, sederhana, dan mudah dimengerti dengan warna yang kontras. Buku ini biasanya terbuat dari bahan yang agak kaku dan dapat dipasa dalam posisi berdiri, seperti karton tebal yang kaku atau dari bahan vinyl yang lentur.
  • Menempatkan buku di depan bayi dalam posisi berdiri di lantai atau di tenpat tidur bayi. Sebut dan tunjukkan gambar-gambar yang terdapat dalam buku ketika beyi tertarik dengan gambar tersebut.
  • Membacakan sajak-sajak pada bayi.

BAYI 4 – 8 BULAN

  1. Bayi pada usia ini dapat menggenggam sesuatu dan memainkannya.
  2. Mereka menjelajah tidak hanya dengan mata dan tangan tetapi juga dengan mulutnya. Segala sesuatu akan mereka masukkan ke dalam mulut.
  3. Dalam bermain, bayi mungkin akan melakukan gerakan-gerakan memukul, melambai, atau menepuk benda-benda yang mereka pegang.

gambar diambil dari SINI

Dukungan Kita:

  • Buku yang ideal untuk bayi di usia ini adalah yang terbuat dari kain atau bahan yang lembut; sehingga bila buku dipegang dan dimasukkan ke dalam mulut bayi, buku tidak menjadi rusak dan tetap aman untuk bayi.
  • Krena bayi pada usia ini sudah dapat menahan kepala lebih baik, kita bisa membacakan buku dengan posisi bayi duduk di pankuan. Posisi ini memungkinkan bayi untuk melihat ke arah buku lebih lama.
  • Buku dengan gambar-gambar sederhana dengan warna yang cerah masih merupakan pilihan yang menarik untuk bayi di usia ini.
  • Teruskan kegiatan menyanyi dan membaca sajak-sajak pada bayi.

BAYI 8 – 12 BULAN

  1. Di usia ini bayi menggunakan keterampilan yang sudah dimiliki sebelumnya dengan tujuan yang lebih jelas. Muncul perilaku baru seperti memindahkan benda dari satu tangan ke tangan yang lain, membolak-balikkan benda, menggunakan jari tangan untuk menyentuh, menarik serta mengulang-ulang gerakan menggenggam, dan melepaskan benda dengan satu tangan sambil memegang benda di tangan yang lain.
  2. Selama periode ini, kecenderungan memasukkan benda ke dalam mulut menurun. Mereka lebih senang berlatih dan menguasai keterampilan-keterampilan baru.
  3. Perkembangan penting lainnya menjelang usia 1 tahun adalah kemampuan untuk mengucapkan kata-kata pertama. pemahaman mereka terus meningkat terhadap apa yang dikatakan oleh orang lain. Seperti merespon saat ditanya, “Di mana hidungmu?” dan ketika diminta, “Beri mama ciuman,”.
  4. Kemampuan dalam objek permanen juga meningkat, seiring dengan meningkatnya pemahamannya terhadap bahasa, seperti merespon dengan tepat ketika diminta, “Mana bolanya, ” atau “Coba cari sepatumu,”.
  5. Mulai pandai berpura-pura, seperti bayi suka meringkuk dengan selimutnya dan pura-pura menutup matanya, kemudian membuka matanya lalu tersenyum dan tertawa. Mereka seperti mau mengatakan, “Aku tadi tidak tidur. Aku hanya pura-pura tidur,”.
  6. Bayi di usia 1 tahun juga mulai membuat hubungan antara benda dengan kejadian. Misalnya, jika Anda bantu mereka mengenakan baju untuk pergi, mereka mungkin mengucapkan, “Da da,” sambil melambaikan tangan.

Dukungan Kita:

  • Di usia ini bayi mulai tertarik dengan isi cerita dibandingkan dengan karakteristik fisik dari buku. Mereka mulai mengenal, memahami, dan menghubungkan benda dengan kejadian yang dialaminya. Jadi, pilihlah buku dengan kegiatan-kegiatan yang sudah biasa dilihat atau dilakukan.
  • Pilihlah buku yang terbuat dari karton tebal dan kaku. tempatkan buku-buku itu di pojok yang dapat didatangi dan digunakan oleh bayi sewaktu-waktu. Kemampuan memegang benda pada bayi usia ini sudah meningkat sehingga dia bisa memegang, memindahkan dari satu tangan ke tangan yang lain, membolak-balik bagian buku, dan menunjuk gambar-gambar yang dia kenal sambil membuat suara-suara.
  • Tujukkan dan sebutkan nama-nama gambar yang nampak menarik untuknya. Menjelang usia 1 tahun, bayi dapat membuat suara-suara tentang benda dan kejadian yang ada dalam buku, dan mereka akan melihat ke arah gambar ketika buku itu dibacakan. Beberapa bayi akan mengulang-ulang suara yang dibuat ketika kita menyebutkan suatu benda, seperti bunyi peluit kereta api, “Tut.. tut.. tut..”. Bayi juga senang mengulang nama dari gambar yang dia lihat.
  • Saat jalan-jalan atau pergi ke supermarket, ke pasar atau ke restoran, tunjuk dan sebutkan nama-nama benda yang nampaknya menarik untuknya. Jelaskan dengan kalimat yang sederhana tentang kejadian-kejadian yang dilihat oleh bayi.

———————————————————————————————————————————————————————

Untuk Kegiatan Membaca Anak Usia 12 – 36 Bulan bisa dibaca di SINI.

4 thoughts on “Kegiatan Membaca Anak Usia 0 – 12 Bulan

  1. Pingback: Kegiatan Membaca Anak Usia 12 – 36 Bulan « Bayi Sehat Balita Cerdas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s