FAQ #6: Bagaimana Saya Mengetahui Apakah ASI yang Disimpan Sudah Basi?


ASI yang sudah basi akan mengalami perubahan bau dan rasa. Biasanya bayi juga akan menolak bila ASI Perah yang diberikan sudah basi.

Sebenarnya jika Anda mengikuti pedoman pemompaan/pemerasan ASI dan penyimpanan yang baik, ASI tidak akan mungkin basi. Kadang memang setelah disimpan/didinginkan akan terjadi perubahan warna dan rasa, tapi itu tidak menandakan bahwa ASI sudah basi. Asalkan Anda berada dalam keadaan bersih ketika memompa/memeras, menyimpan ASI dalam botol yang steril & tertutup rapat, dalam jangka waktu yang dijabarkan seperti di atas dan saat memanaskan juga mengikuti petunjuk, mudah-mudahan ASI Anda terjaga dalam kondisi yang baik.

Dibandingkan susu formula, ASI lebih tahan lama. Pada saat berinteraksi dengan udara luar, biasanya yang terjadi bukan pembusukan ASI tetapi lebih merupakan berkurangnya khasiat ASI, terutama zat yang membantu pembentukan daya imun bayi.

sumber: pengalaman pribadi dan arsip milis asiforbaby

2 thoughts on “FAQ #6: Bagaimana Saya Mengetahui Apakah ASI yang Disimpan Sudah Basi?

    • hai, mbak susan..
      boleh mbak, asal sudah dalam kondisi suhu yang sama dan waktu perahnya masih dalam durasi 24 jam. kalau saya biasanya, asi hasil perah jam 8 pagi langsung saya masukkan kulkas bawah (bukan freezer). kemudian nanti jam 10 saya memerah asi lagi dan saya masukkan kembali ke dalam kulkas bawah. pada saat istirahat makan siang (jam 12), saya memerah lagi. nah ketika saya memasukkan asi perah jam 12 siang ke dalam kulkas, asi perah jam 8 dan 10 saya gabung dalam 1 botol. dengan demikian suhu keduanya sudah sama dingin dan waktu perahnya juga masih dalam durasi 24 jam.
      demikian mbak susan. semoga membantu ya🙂

Leave a Reply

