Tips Agar ASI Lancar Sejak Awal Kelahiran Bayi


diterjemahkan bebas dari: Establish a Good Breastfeeding Supply

gambar diambil dari SINI

Berikut ini sedikit tips agar produksi ASI Anda lancar sejak awal masa menyusui:

1. Sering-seringlah menyusui bayi Anda

Bayi baru lahir (newborn) menyusu sampai 12 kali sehari. Produksi ASI Anda sangat tergantung pada jumlahstimulasi yang diperoleh payudara Anda dari hisapan bayi. Susui hingga payudara terasa kosong sebelum Anda berganti ke payudara yang satunya lagi. Mulailah menyusui dengan payudara yang berbeda (misalnya jam 08:00 dengan payudara kanan, jam 10:00 mulai dengan payudara kiri). Jangan membatasi jumlah frekuensi menyusui. Semakin sering menyusui, semakin banyak produksi ASI Anda.

2. Makan makanan dengan gizi seimbang

Makanlah dengan teratur, jangan sampai ada jam makan yang terlewat, serta perhatikan asupan gizi yang Anda makan.

3. Banyak minum

Ibu Menyusui harus banyak minum karena tubuh membutuhkan banyak asupan cairan. Minumlah sebelum dan sesudah Anda menyusui. Letakkan segelas air putih di sisi tempat tidur Anda agar asupan cairan tetap terjaga saat Anda harus menyusui tengah malam. Bawalah selalu botol air minum agar Anda selalu ingat untuk banyak minum.

4. Bila memungkinkan, tidurlah saat bayi Anda tidur

Pekerjaan rumah tangga lainnya bisa dikerjakan nanti. Si Kakak – apabila Anda memiliki anak lebih dari satu – juga bisa ikut beristirahat bersama Anda. Tapi hal terpenting adalah, seorang ibu yang baru saja memiliki bayi sangat membutuhkan istirahat. Produksi ASI sangat tergantung oleh kondisi tubuh yang prima. Setidaknya hal ini wajib Anda lakukan pada dua minggu pertama. Lupakan hal lainnya dan nikmatilah saat Anda berdua dengan Si Kecil.

5. Tetaplah rileks ketika sedang menyusui

Kondisi rileks pada diri Anda akan mendorong LDR (let-down-reflex) sehingga ASI dapat mengalir dengan lancar. Carilah tempat yang sunyi untuk menyusui bila memungkinkan, dan susui bayi dengan posisi berbaring. Produksi ASI akan lebih banyak ketika Anda merasa nyaman dan rileks.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s