Mempersiapkan Balita Anda akan Kedatangan Adik Bayi Baru


diterjemahkan bebas dari: Preparing Your Toddler for a New Breastfeeding Baby

gambar diambil dari SINI

Apakah Anda merasa bingung dan khawatir bagaimana mempersiapkan balita Anda akan kedatangan adik bayi baru? Anda tidak sendirian. Banyak ibu yang juga merasakan hal yang sama.

Anda mungkin memiliki sejumlah pertanyaan seperti:

  • Apakah si Kakak akan merasa iri pada adiknya?
  • Bagaimana caranya agar si Kakak bisa menerima bahwa dirinya tidak lagi menjadi fokus utama ibunya dan harus berbagi dengan seorang pendatang baru?
  • Bagaimana Anda bisa mengasuh si Kakak sambil menyusui si Adik?

Bila Anda masih menyusui balita Anda, Anda tentunya memahami bahwa kondisi menyusui di saat hamil cukup melelahkan karena ada tuntutan fisik tertentu. Anda akan makan lebih banyak, dan juga harus menemukan cara baru untuk menyusui si Kakak di saat perut Anda semakin membesar. Apakah Anda harus berhenti menyusui si Kakak ketika si Adik lahir?

Jangan khawatir. Anda bukan ibu yang pertama kali mengalami hal ini. Banyak ibu yang mengalami hal yang sama dan berhasil melaluinya.

TIPS MEMPERSIAPKAN BALITA ANDA

Berikut adalah sejumlah tips dari ibu-ibu yang pernah mengalami hal ini.

Bagi Balita (si Kakak)

  • Sebelum si Adik lahir, mulailah mempersiapkan si Kakak dengan sering bercerita padanya tentang hal-hal menyenangkan yang akan Anda lakukan bersamanya ketika si Adik lahir. Pada dasarnya anak-anak senang kalau dirinya dianggap telah membantu orang tuanya, dan si Kakak nantinya akan membuat Anda kaget karena ia akan banyak menolong Anda ketika Anda menyusui si Adik. Mulai dari membantu mengambilkan barang sampai ikut menyanyikan lagu buat si Adik.
  • Ada ibu yang menerapkan teknik “Kotak Menyusui”. Anda hanya perlu menyiapkan sebuah kotak yang berisi stiker lucu, mainan, atau buku yang hanya boleh digunakan oleh si Kakak ketika Anda menyusui Adik. Dengan demikian, saat Anda menyusui Adik juga menjadi waktu yang menyenangkan buat si Kakak.
  • Sebelum Anda akan mulai menyusui, yakinkan bahwa semua kebutuhan Kakak telah Anda siapkan. Balita yang lapar atau haus bisa menjadi sangat rewel, jadi jangan lupa siapkan kudapan baginya. Tak usah khawatir si Kakak akan membuat rumah jadi kotor atau berantakan, Anda bisa membersihkannya setelah selesai menyusui.

Jika Anda Memutuskan untuk Menyapih si Kakak

  • Jika Anda akan menyapih si Kakak sebelum melahirkan, jangan kaitkan antara menyapih dengan kedatangan si Adik. Sebaiknya Anda berbicara dengan si Kakak bahwa ia sekarang sudah besar, dan kalau sudah besar Kakak tidak perlu lagi minum asi seperti adik bayi, karena Kakak punya gigi yang kuat, dll.
  • Selalu luangkan waktu khusus dengan si Kakak, sebanyak waktu yang Anda gunakan untuk menyusui si Adik. Balita seringkali memiliki kebutuhan untuk dekat dan merasa nyaman dengan ibunya lebih besar daripada kebutuhannya menyusui.

Jika Anda Memutuskan Untuk Tandem Nursing

  • Mulailah membacakan cerita pada si Kakak ketika ia sedang menyusu, tentang kisah 2 orang anak jagoan. Beri penekanan pada peran heroik si Kakak dalam cerita itu.
  • Bila Anda akan menyusui kedua anak bersamaan, segera konsultasikan dengan konsultan laktasi. Konsultan laktasi dapat membantu memberikan saran mengenai asupan makanan yang tepat bagi Anda, bagaimana teknik menyusui 2 anak bersamaan, dan kemungkinannya untuk  menyusui satu per satu (tidak berbarengan)
  • Bila Anda akan menyusui kedua anak Anda satu per satu (ini merupakan pilihan yang lebih umum dilakukan), siapkan “Kotak Menyusui” bagi si Kakak dengan berbagai aktivitas yang dapat ia lakukan ketika Adik sedang menyusu: mainan, buku, atau musik spesial yang hanya bisa dimainkan atau dibaca ketika Adik sedang menyusu.

Anda mungkin akan menemukan Balita Anda “menyusu” pada mainannya, ketika Anda sedang menyusui si Adik.

Bila Balita Anda Merasa Cemburu

Mempersiapkan balita Anda akan kedatangan adiknya seringkali membantu menurunkan kecemburuan si Kakak. Namun, jika si Kakak terlihat iri pada saat Anda menyusui Adik, coba untuk memeluknya bersamaan dengan memeluk Adik. Perlakukan demikian bisa meyakinkan dirinya bahwa Anda tetap menyayanginya, namun Anda juga perlu merawat Adik.

Jangan Lupa Merawat Diri Sendiri, Mommy!

Selain berbagai hal yang sudah diuraikan di atas, hal terpenting adalah, jangan lupa merawat dan menjaga kesehatan diri Anda sendiri. Mengasuh dua anak bukanlah hal mudah. Jadi sebagai seorang ibu, Anda harus tetap sehat dan siap mengatasi tantangan ini! Semangaaatt!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s