Peraturan Tunggu 4 Hari Dalam Memberikan MPASI


diterjemahkan bebas dari: The 4 Day Wait Rule When Introducing Solid Food

gambar diambil dari SINI

Mengapa sangat penting untuk menaati Peraturan Tunggu 4 Hari ketika memperkenalkan MPASI pada bayi?

Dalam memperkenalkan jenis makanan baru, selalu berikan selama 4 hari berturut-turut. Dengan demikian dapat dilihat secara jelas bagaimana reaksi bayi terhadap makanan tersebut. Hal ini sangat penting terutama apabila Anda dan/atau anggota keluarga Anda memiliki kecenderungan alergi makanan. Selain itu, dengan memberikan jenis makanan baru satu per satu, ketika muncul reaksi alergi pada bayi, Anda akan dengan mudah “mengeliminasi” jenis makanannya dan menemukan penyebab alerginya.

Perkenalkan makanan baru pada waktu pagi hari atau siang hari.

Dengan demikian, apabila muncul gejala alergi, Anda relatif lebih mudah menghubungi dokter.

Peraturan “Tunggu 4 Hari” ini sangat bermanfaat untuk dilakukan karena selain memudahkan mencari penyebab alergi, juga lebih mudah melacak makanan penyebab gangguan pencernaan.

Mengapa? Karena umumnya reaksi alergi akan muncul dalam jangka waktu 24 jam setelah dikonsumsi, sementara masalah pencernaan mwembutuhkan waktu lebih lama (biasanya baru muncul dalam waktu lebih dari 24 jam).

Kapan waktu yang tepat untuk mencampur beberapa jenis makanan tanpa harus menerapkan Peraturan Tunggu 4 Hari?

Ketika sejumlah makanan telah lulus dari Peraturan ini dan terbukti tidak menimbulkan reaksi, barulah Anda dapat mencampur beberapa jenis makanan tersebut.

Sampai kapan Peraturan Tunggu 4 Hari ini harus diterapkan?

Pada saat bayi berumur sekitar 9 – 10 bulan, tentunya Anda sudah memperkenalkan padanya berbagai jenis makanan dan sudah mengetahui jenis makanan apa saja yang rentan menimbulkan alergi atau gangguan pencernaan. Pada saat inilah Anda sudah bisa mulai sedikit “melonggarkan” penerapan peraturan ini. Walaupun demikian, tetaplah berhati-hati ketika memperkenalkan makanan baru pada si kecil. Namun apabila ada kecenderungan alergi makanan di keluarga Anda, sebaiknya penerapat peraturan ini terus dilanjutkan sampai bayi berusia setidaknya 12 bulan. Jangan lupa untuk selalu konsultasikan dengan dokter Anda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s