Tentang Payudara dan Komposisi ASI – bag. 4


Kebersihan dan Perawatan Puting

diterjemahkan bebas dari: Hygiene and Nipple Care

gambar diambil dari SINI

Anda tidak perlu membersihkan payudara atau puting secara khusus sebelum atau sesudah menyusui. Cukup dengan membersihkan payudara dengan air saat mandi. Hindari ha l-hal yang bisa membuat kulit kering atau rusak, seperti pemakaian sabun atau disinfektan di daerah puting dan areola karena akan membuat kulit puting menjadi kering sehingga lebih mudah luka.

Kelenjar Montgomery yang berada di sekeliling puting telah mulai memproduksi minyak alami sejak masa kehamilan yang berfungsi melembabkan kulit dan meminimalkan pertumbuhan bakteri.

Setelah selesai menyusui, keluarkan beberapa tetes ASI dan oleskan pada puting kemudian diangin-anginkan sampai kering. Bila kulit Anda sangat kering atau rusak, gunakan salep khusus untuk perawatan puting (misalnya PureLan atau Kamillosan).  Penggunaan bra dan breast-pad jangan sampai menghambat sirkulasi udara. Hindari pemakaian bra yang berkawat.

Yang penting diingat adalah: Menyusui itu tidak menyakitkan. Jika Anda mengalami sakit pada puting atau puting Anda terluka segera konsultasikan ke dokter atau konselor laktasi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s