Tentang Payudara dan Komposisi ASI – bag. 3


Tipe Puting

diterjemahkan bebas dari: Types of Nipples

gambar diambil dari SINI

Sebelum bayi Anda lahir, akan sangat membantu apabila Anda sudah mengetahui tipe puting payudara Anda. Ada beberapa tipe puting, antara lain puting kecil, puting besar atau panjang, dan puting datar (flat nipples) atau masuk (inverted nipples).

Umumnya, tipe-tipe puting ini tidak terlalu membutuhkan treatment khusus. Perlu diingat bahwa, bayi menyusui di payudara dan bukannya di puting saja. Jika bayi bisa menyusu dengan kondisi hampir seluruh bagian areola masuk ke dalam mulutnya, puting datar atau masuk sekalipun tidak akan menjadi masalah yang berarti. Namun demikian, tipe puting datar atau puting masuk memang lebih menyulitkan bagi bayi untuk bisa melekat (latch-on) dan dianjurkan untuk melakukan treatment khusus untuk mempermudah bayi.

Anda bisa menentukan apakan puting Anda termasuk tipe datar atau masuk: Tekan dengan lembut areola sekitar 3 cm di belakang puting. Puting yang normal akan menonjol ke luar, sedangkan puting yang datar atau masuk tidak akan timbul (masuk kembali). Jika Anda ternyata memiliki puting datar atau puting masuk, segera konsultasikan dengan dokter atau konselor laktasi agar bisa dilakukan treatment lebih lanjut.

Lebih lanjut mengenai perawatan payudara saat hamil dapat dilihat di SINI

Bersambung ke Tentang Payudara dan Komposisi ASI – bag. 4

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s