Pedoman Memilih Gendongan Bayi


diterjemahkan bebas dari: Choosing A Baby Carrier

Dewasa ini, ada berbagai macam gendongan kain bayi dengan beragam bahan dan warna yang berbeda, mulai dari katun yang kaku, sampai kain sutera yang lembut. Apakah gendongan itu untuk digunakan sehari-hari atau untuk acara khusus; atau model sling dengan warna yang cocok untuk setiap gaya busana Anda, Anda bebas memilih, sesuai dengan kepribadian Anda. Gendongan bayi harus bersifat fungsional dan juga atraktif. Berbagai macam gendongan bayi yang dijual di pasaran bisa membuat Anda bingung menentukan pilihan, namun jangan sampai hal ini membuat Anda salah memilih jenis gendongan yang paling tepat bagi Anda. Anda dapat menghubungi Organisasi Babywearing International atau apabila ada kelompok babywearing di daerah Anda, untuk memperoleh informasi dan mencoba beberapa tipe gendongan, yang dapat membantu menentukan pilihan. Alternatif lainnya bisa diperoleh secara online, seperti forum di TheBabywearer.com atau www.theurbanmama.com, atau yang lainnya.

Untuk Anak Sebesar Apa dan Usia Berapa?

Semua tipe gendongan yang ada di tulisan ini dapat digunakan untuk menggendong bayi dan balita dengan posisi baik di pinggul maupun di punggung. Anak perempuan pada foto di samping ini berusia 4 tahun pada saat foto ini diambil, dan ia terlihat sangat nyaman digendong ibunya. Begitu pula halnya dengan si Ibu.

Umumnya produsen gendongan bayi memberikan batasan bobot  maksimal; namun seringkali ada perbedaan yang cukup signifikan antara batasan bobot maksimal tersebut dengan kenyataan pada prakteknya. Selama pengguna gendongan merasa nyaman, gendongan tersebut tetap bisa digunakan walaupun berat badan anaknya sudah melampaui bobot maksimal yang dianjurkan. Selain itu, perbedaan teknik menggendong juga bisa memberikan kenyamanan yang berbeda. Memasang sabuk pengikat di pinggul akan terasa berbeda bila dibandingkan dengan memasangnya di pinggang. Dengan belajar teknik menggendong yang tepat dari babywearer yang sudah lebih berpengalaman, seperti misalnya trainer relawan dari Babywearing International, akan sangat membantu menghemat waktu dan biaya untuk menentukan pilihan gendongan yang paling sesuai dengan kebutuhan.

Wraparound Slings (Baby Wrap)

Selembar kain panjang sederhana ternyata bisa bisa menjadi sebuah gendongan bayi yang elegan dan nyaman. Anda perlu sedikit belajar untuk bisa memahami teknik mengikat kain dan memasukkan bayi ke dalam gendongan ini, namun teknik dasarnya bisa Anda kuasai dalam waktu beberapa menit saja. Kain untuk Wraparound Sling ini bisa berukuran pendek untuk menggendong dengan menggunakan 1 bahu (seperti kain jarik di Indonesia, red.); atau bisa berukuran panjang untuk menggendong dengan menggunakan 2 bahu, sehingga bobot bayi terbagi merata di kedua bahu, badan, dan pinggul si penggendongnya.

Gendongan model Wraparound Slings ini bisa dibuat dari bermacam-macam jenis kain, namun bahan natural seperti katun, linen, hemp, wol, dan sutera lebih terasa ‘dingin’ dan bertekstur lebih sesuai bila dibandingkan dengan bahan sintetis. Beberapa merek Wraparound Slings terbuat dari bahan yang ditenun secara khusus untuk mendapatkan bahan yang kuat, ‘dingin’, memiliki kelenturan, dan tekstur yang sesuai untuk bisa menggendong bayi dengan aman dan nyaman; bahan yang harganya relatif mahal ini dikenal juga dengan istilah kain tenun Jerman (German-Style Woven) sesuai negara asalnya.

Untuk info lebih lanjut mengenai baby wrap bisa dilihat di SINI.

Ring Slings

Pada dasarnya Ring Sling merupakan kain selendang (shawldengan 2 buah lingkaran (ring) dari bahan plastik atau besi yang menempel di salah satu ujungnya. Kedua lingkaran itu menggantikan fungsi simpul untuk mengikat gendongan seperti yang biasa digunakan pada gendongan kain tradisional misalnya kain Rebozo di Meksiko atau selendang jarik di Indonesia. Ada Ring Sling yang memiliki bantalan padding di posisi bahu atau di sepanjang gendonganAda juga tipe yang agak berbeda dengan tipe tradisional, di mana ujung kainnya dilipat dan dijahit sedemikian rupa sehingga membentuk tali.

 

 

 

 

Pouch Slings

Dengan bentuk sederhana, selembar kain yang dijahit kedua ujungnya, Pouch Sling merupakan pilihan gendongan yang trendi. Gendongan tipe ini memiliki ukuran tertentu, disesuaikan dengan ukuran tubuh pemakainya agar lebih nyaman, karena gendongan ini tidak bisa diatur ukuran dan panjang pendeknya; tidak seperti gendongan latipe lainnya. Pouch Sling relatif berukuran lebih kecil sehingga tidak menghabiskan banyak tempat di dalam tas popok, lebih mudah dan cepat untuk digunakan dan dilepaskan, dan terbuat dari bahan dengan motif yang menarik dan fashionable.

 

 

 

 

Mei Tai

Gendongan tipe ini merupakan versi modern dari gendongan tradisional Cina bernama Mei Tai yang ditambahkan panel badan, tali sabuk di bahu dan pinggang. Versi modern dari Mei Tai ini biasanya memiliki tali sabuk bahu yang lebar dengan bantalan (padding); atau tali sabuk yang ekstra lebar, tanpa bantalanyang menyerupai baby wrap untuk memberikan kenyamanan bagi pemakainya. Gendongan Mei Tai juga menawarkan berbagai fitur seperti headrest (tempat sandaran kepala bayi) atau sleeping hood (tudung untuk menutup kepala bayi ketika tidur), kantong untuk menyimpan popok atau keperluan lainnya, dan berbagai pilihan bahan dari mulai yang sederhana sampai yang mewah.

 

 

 

Soft Structured Carriers

Gendongan ini juga memiliki panel badan dan sabuk bahu dan pinggang, di mana fungsi simpul ikatan digantikan oleh sabuk serta adanya penambahan bantalan tebal pada bahu dan pinggang. Secara penampilan, gendongan tipe ini jauh berbeda dari Mei Tai. Gendingan Soft Structured Carrier ini menawarkan kenyamanan sabuk pengikat seperti tas ransel namun dibuat sedemikian rupa sehingga bisa menggendong bayi dengan aman. Gendongan ini bisa digunakan untuk menggendong bayi baru lahir sampai usia balita – tergantung merknya.

 

 

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s